Denah Rumah Sederhana yang Cocok untuk Pasangan Pengantin Baru

Denah Rumah Sederhana yang Cocok untuk Pasangan Pengantin Baru. Memiliki rumah pastilah idaman setiap keluarga, termasuk pasangan pengantin baru. Rumah menjadi tempat dimulainya sebuah keluarga baru yang mandiri. Namun, imajinasi untuk memiliki rumah yang nyaman sebagai tempat tinggal keluarga yang harmonis di zaman sekarang, bisa jadi hanya khayalan belaka. Sulitnya dan mahalnya lahan dengan lingkungan yang strategis, dapat menjadi kendala untuk mewujudkan keinginan memiliki rumah. Minimnya pendanaan dan banyaknya kebutuhan lain juga menjadi kendala.




Denah Rumah Sederhana yang Cocok untuk Pasangan Pengantin Baru. Perlu diingat, sama seperti membangun sebuah keluarga, dari dua orang yang saling mengasihi, lalu dilengkapi dengan anak-anak, begitu juga dengan membangun rumah. Membangun rumah bisa dilakukan bertahap, disesuaikan dengan kebutuhan. Saat awal, rumah yang hanya akan ditempati dua orang memang tidak perlu terlalu besar. Nah, berikut ini ada beberapa contoh denah rumah sederhana yang cocok untuk pasangan pengantin baru. Denah rumah sederhana ini dapat menjadi acuan untuk memunculkan berbagai ide yang cocok bagi rumah idaman pasangan pengantin baru.

1. Rumah sederhana 1 lantai


Mendesain rumah sederhana tipe 49/91 dan 54/94. Dari denah, dapat terlihat adanya 2 kamar tidur, sebuah kamar tidur utama dan 1 kamar tidur lainnya yang dapat dijadikan kamar tidur tamu atau kamar tidur anak. Bagian belakang juga bisa menjadi alternatif pengembangan bangunan. Perlu diingat, saat memilih bangunan 1 lantai seperti ini, tanyakan pada pengembang dan pastikan kekuatan struktur bangunan dan izin untuk kemungkinan peningkatan lantai.


2. Konsep rumah tumbuh atau rumah lantai 2,3,4



Konsep rumah tumbuh dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membangun rumah yang cocok untuk pasangan pengantin baru. Dadali Stone Yard merupakan lingkungan hunian dengan rumah yang didesain dengan konsep "Split House" karena memenuhi kebutuhan tanah yang ada. Denah rumah sederhana karya studio slenpan ini dapat dijadikan contoh rumah tumbuh. Lantai 1 dan lantai 2 memang harus dibangun pada tahap awal, namun lantai 3 dapat dibangun di masa mendatang. Yang penting adalah perencanaannya, terutama struktur dan konsep ruangnya harus sudah mantap, agar kualitas bangunan dan kenyamanan tetap optimal.


3. Denah rumah sederhana yang nyaman



Rumah sederhana dan berukuran mungil tidak berarti mengesampingkan segi kenyamanan fungsinya. AKANOMA YU SING membuktikannya dalam desain Taman Tengah House at Kranggan. Desain rumah sederhana ini sangat memperhatikan segi pencahayaan alami dan ventilasi silang ke semua ruang dengan adanya ruang terbuka di antara massa bangunan. Kemungkinan rumah tumbuh pada tipe 60/98 ini juga tidak mengurangi kualitas pencahayaan dan ventilasi silangnya.
Material rumah yang alami dengan dinding bata ekspos, lantai semen ekspos, dan atap fiber semen non-asbestos yang dirambati pohon, membuat rumah ini semakin berkarakter dengan perawatan yang mudah dan murah.


4. Denah rumah sederhana tipe 36

Pada awalnya, rumah tipe 36 sudah mencukupi kebutuhan fungsi tempat tinggal yang nyaman untuk pasangan pengantin baru. Fungsi ruang tamu dan ruang keluarga bisa disatukan. Begitu juga, ruang makan dan dapur. Manfaatkan kecerdikan furnitur multifungsi pada ruang dengan konsep open-plan agar ruang tampak lebih lega dengan fungsi yang optimal.


5. Rumah sederhana tipe 68


Sebelum memutuskan membeli rumah dari pengembang, tanyakan dengan jelas dan pastikan kekuatan struktur untuk kemungkinan peningkatan bangunan. Tanyakan pula perizinan, Koefisien Dasar Bangunan (KDB), Koefisien Luas Bangunan (KLB), Garis Sempadan Bangunan (GSB), batas jumlah lantai bangunan ataupun skyline, hingga Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk tipe yang akan Anda beli. Pastikan ada bukti tertulis untuk setiap izin tersebut, agar yakin bahwa itu bukan trik penjualan semata yang ingin menipu pasangan pengantin baru.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis

Mintalah semua bukti dan dokumen yang berhubungan dengan pembangunan pada saat akad jual beli. Simpan semua dokumen tersebut dengan baik. Agar lebih yakin, Anda bisa memastikan keotentikan akta rumah Anda dengan melegalisirnya di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) terdekat.

6. Rumah sederhana tipe 90


Rumah tipe 90 tergolong berukuran cukup luas untuk pasangan pengantin baru. Ukuran kamar tidur utama bisa didesain cukup besar karena di ruang inilah pasangan pengantin baru lebih banyak memanfaatkan waktu bersama. Kamar tidur utama yang cukup luas, nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan ranjang bayi agar lebih mudah merawat ‘Sang Buah Hati’.

Baca Juga : Model Desain Resort yang Unik dan Menarik

Apapun tipe dan desain rumah sederhana yang Anda pilih untuk memulai hidup baru bersama pasangan Anda, pastikan rumah itu menjadi awal yang baik untuk pengembangan keluarga di masa depan. Rumah sederhana yang nyaman untuk Anda berdua, nantinya juga harus nyaman untuk anak-anak. Rancanglah rumah yang berorientasi untuk sekarang dan masa depan, dan wujudkan keluarga harmonis yang Anda dambakan.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Artikel Terkait

Denah Rumah Sederhana yang Cocok untuk Pasangan Pengantin Baru
4/ 5
Oleh