99+ Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern

Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern.Salah satu karakteristik dari rumah minimalis adalah rumah yang didesain dengan gaya arsitektur modern. Tetap terkesan elegan meski hanya menampilkan elemen seperlunya dan sesederhana mungkin. Oleh karena itu, biasanya rumah minimalis memanfaatkan bahan material dan lahan seminimal mungkin dengan menonjolkan desain rumah minimalis yang simple.

Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern


Pengaplikasian gaya rumah minimalis sendiri lebih identik dengan gaya hidup yang diterapkan pada desain rumah. Efisiensi dalam penggunaan bahan dan lahan cukup diperhatikan. Termasuk juga mengurangi susunan ruang yang tidak efektif dalam penggunaannya, serta tidak terlalu banyak menggunakan perabot. Hal itu membuat desain model rumah minimalis tidaklah terlalu rumit.

Namun meski begitu, kenyamanan saat mendesain rumah minimalis, tetap menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Misalnya dengan penataan ruang yang lebih terbuka, sehingga juga dapat memberikan kesan lapang pada ruangan tersebut. Tak hanya itu, penataan ruang-ruang yang terbuka juga berguna untuk lebih memaksimalkan fungsi ganda pada penggunaan ruangan tersebut. Ruang keluarga, misalnya, bisa juga difungsikan sebagai ruang makan.

Saat ini, rumah minimalis dengan berbagai model dan tipe pun semakin banyak diminati. Keinginan untuk membuat rumah minimalis akan lebih mudah dengan semakin banyaknya referensi yang bisa Sobat dapatkan. Maka berikut beberapa contoh model rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi:

Desain Rumah Modern Terbaru





















Banyak orang yang menyukai rumah minimalis karena desainnya yang unik. Kejelian dalam mendesain rumah minimalis begitu penting. Memadu-padankan warna rumah, motif, perabot, eksterior maupun interior membutuhkan kecermatan dalam mengaplikasikannya, Sobat. Jendela yang besar pun sering kali menjadi ciri khas dari rumah minimalis, untuk memaksimalkan cahaya yang masuk dan membuat rumah terasa lebih nyaman.

Desain Rumah Sederhana Terbaru

Meski tidak mewah, kebanyakan desain rumah minimalis sederhana tetap terlihat elegan dan menawan. Estetika dalam pengaplikasian konsep desainnya pun tak jarang mengadopsi gaya rumah minimalis klasik atau gaya mediteranian. Dengan pemilihan warna yang cenderung netral sebagai ciri khas dari rumah minimalis, rumah minimalis sederhana mampu terlihat semakin indah, tak kalah dengan rumah lainnya.



















Desain Rumah Modern Terbaru

Model rumah minimalis identik dengan keinginan penghuninya yang menginginkan gaya hidup praktis, sederhana, dinamis dan efisien. Semakin banyaknya minat akan rumah minimalis, desain rumah minimalis modern pun semakin beragam. Pengaplikasian kombinasi bahan material yang tidak rumah dan dekat dengan alam, seperti batu, kayu atau kaca, tak jarang digunakan untuk menyempurnakan keindahan visual model rumah minimalis modern.

















Desain Rumah 1 Lantai Terbaru

Model rumah minimalis 1 lantai, merupakan salah satu desain rumah minimalis yang paling banyak diminati. Hal ini karena harga atau biaya pembuatan yang biasanya relatif lebih murah dibanding rumah minimalis dengan 2 lantai atau lebih. Selain itu rumah minimalis jenis ini biasanya dipilih karena jumlah penghuni yang tidak banyak, dan tidak terlalu susah untuk dijaga kebersihannya.












Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Banyaknya jumlah penghuni rumah namun terbatasnya luas lahan, membuat rumah minimalis 2 lantai menjadi alternatif hunian yang menggiurkan. Salah satu keuntungan dari rumah jenis ini adalah, Sobat bisa mendesainnya sesuai dengan kebutuhan dan efektifitas ruang yang dibutuhkan. Seperti membuat kamar tidur serta kamar mandi lebih dari 2 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya.











Desain Rumah Minimalis 3 Lantai

Keinginan untuk bisa memiliki area gerak yang lebih leluasa, bisa Sobat dapatkan dari rumah minimalis 3 lantai. Selain itu, model rumah minimalis jenis ini biasanya mempunyai ruang garasi yang lebih besar karena sobat bisa memfungsikan lantai 1 khusus sebagai ruang garasi. Atau sobat juga bisa menyiapkan kamar tamu khusus untuk kerabat yang ingin menginap.













Desain Rumah Minimalis Tipe 45

Rumah minimalis tipe 45 termasuk rumah minimalis sederhana yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Dengan rumah minimalis sederhana jenis ini, Sobat bisa membuat 2 atau 3 kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, serta dapur. Agar rumah tidak terasa sempit, Sobat bisa menyiasatinya dengan tidak memakai terlalu banyak perabot rumah.








Desain Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Rumah minimalis 3 kamar tidur dalam 1 lantai, bisa menjadi pilihan terbaik jika sobat memiliki anggota keluarga yang cukup banyak, namun tidak ingin keluar banyak biaya untuk membuat rumah dengan 2 lantai atau lebih. Untuk menyesuaikan dengan ukuran rumah dan kebutuhan fungsi ruang lain, Sobat bisa menyesuaikan ukuran kamar berdasarkan kebutuhan. Misalnya dengan 1 kamar besar dan 2 kamar kecil, atau 2 kamar besar dengan 1 kamar kecil.








Desain Rumah Minimalis Tipe 36

Rumah minimalis tipe 36 adalah salah satu tipe rumah yang banyak sekali digunakan di area perkotaan. Meski tidak terlalu luas, namun desain rumah minimalis dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga dan dapur masih bisa diaplikasikan dalam rumah tipe ini. Jika mau, sobat juga bisa menyediakan lahan untuk taman kecil di area depan rumah.







Desain Rumah Minimalis Tipe 21

Rumah minimalis tipe 21 termasuk dalam rumah minimalis sederhana yang kecil. Mendesain rumah minimalis jenis ini tidak ada salahnya jika memaksimalkan fungsi ruang seefektif mungkin sebagai ruang ganda. Misalnya, memanfaatkan ruang tamu sekaligus sebagai ruang keluarga, atau ruang makan yang diletakkan dalam satu area dengan dapur. Selain untuk memaksimalkan fungsi ruang, trik ini juga bisa membuat ruang gerak Sobat menjadi lebih leluasa.






9 Tips Membuat Rumah Menjadi Minimalis dan Elegan


Maksimalkan Ruang yang Ada
Jangan buat rumah Anda yang memang sudah sempit menjadi semakin sempit dengan menempatkan barang-barang yang tidak perlu di dalamnya.
Hal lain yang juga harus Anda perhatikan untuk menjaga rumah minimalis adalah jangan terlalu banyak menaruh perabotan di lantai rumah. Anda bisa mencoba untuk menggunakan rak dinding untuk menyimpan buku ketimbang meja, atau rak TV yang menempel di dinding ketimbang TV set model lama yang memakan ruang di rumah anda.


Hindari Pembatas Ruangan yang Berlebihan
Membuat pembatas ruangan pasti harus dipikirkan ketika akan membentuk konsep desain rumah minimalis. Yang harus Anda ingat, pembatas ruangan jika dipasang secara berlebihan akan membuat rumah menjadi lebih sempit. Untuk menyiasatinya, beberapa ruangan dapat dijadikan satu tanpa sekat dinding dan digantikan dengan perabotan dengan fungsi yang sama, yaitu menjadi pembatas. Contohnya seperti gambar rumah di atas, sebuah rak sederhana yang unik telah memberikan fungsi kedua sebagai pembatas.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis


Menggunakan Warna yang Tepat
Mengecat ruangan Anda dengan warna putih atau warna yang lebih terang akan menimbulkan kesan yang luas dan lapang. Jangan gunakan terlalu banyak warna. Kombinasi putih, abu-abu terang dan aksen kayu sedang tren saat ini. Desain rumah dengan warna-warna yang sederhana dan terang mungkin bisa Anda coba jika ingin merenovasi ruangan atau jika saat ini Anda membeli hunian baru.




Gunakan Cermin
Semakin besar ukuran cermin akan semakin baik. Kenapa? Cermin yang mempunyai sifat memantulkan bayangan akan membantu menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan seolah-olah bertambah besar. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk rumah minimalis Anda, karena seolah-olah akan menambah ruangan baru di dalam rumah.


Beli Perlengkapan Rumah Tangga yang Unik
Sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai jenis perabotan yang unik, baik dari segi desain maupun warna. Sebuah rumah minimalis modern, juga harus memiliki konsep perabotan atau pajangan yang memiliki bentuk yang sederhana, tetapi unik. Anda bisa lihat pada gambar di atas ada sebuah pajangan burung yang sangat minimalis, namun menciptakan kesan berbeda. Anda juga bisa perhatikan model vas tanaman yang digunakan pada gambar tersebut. Jadi, walaupun serba minimalis, Anda tidak akan merasa bosan.





Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik
Jika rumah Anda menghadap ke arah terbitnya matahari, hal itu sangat bagus karena Anda bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi. Selain bagus untuk kesehatan, hal tersebut juga bisa mengurangi kelembaban yang ada di ruangan. Jendela yang lebar dapat Anda gunakan untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Selain itu, penggunaan penerangan dalam rumah juga harus diupayakan agar tidak terlihat suram. Gunakan penerangan yang cukup, sehingga ruangan akan terasa lebih lega.

Pastikan juga sirkulasi udara berfungsi dengan baik untuk menghindarkan rumah Anda dari kondisi pengap. Dengan memaksimalkan penggunaan ventilasi udara, Anda juga dapat menghemat penggunaan pendingin udara.


Objek Pengalih Perhatian
Sebuah lukisan besar dengan gambar yang menarik akan menjadi fokus utama tamu ketika pertama kali masuk ke rumah. Selain membuat rumah Anda lebih menarik, hal ini juga akan mengalihkan perhatian tamu dari kondisi rumah Anda yang sempit.
Namun, perlu Anda ingat, jangan menggunakan perabot besar untuk ditaruh di lantai, karena hal ini dapat memakan banyak tempat dari ruangan Anda.


Kondisikan Rumah Selalu Dalam Keadaan Bersih
Seperti halnya penjelasan di atas, hindari penggunaan barang-barang yang tidak penting di dalam rumah Anda. Jika terlalu menumpuk akan menimbulkan kesan ruwet sehingga akan membuat pemilik rumah menjadi bosan dan bahkan stress.




Perhatikan peletakan barang-barang dengan membuat kesan sederhana. Buatlah kondisi sedemikian rupa agar memudahkan Anda dalam membersihkan rumah. Rumah yang bersih akan membuat perasaan senang dan dapat menghindarkan diri dari stress. Lalu, barang-barang kebersihan seperti kain pel, sapu, vacuum cleaner, sabun, dan sebagainya dapat juga Anda buatkan lemari penyimpanan sehingga ruangan Anda tetap tertata rapi.


Desain Tangga Seramping Mungkin
Jika rumah minimalis sederhana Anda memiliki tangga, buatlah seramping mungkin. Hal ini akan sangat berguna untuk menghemat ruang yang ada di rumah Anda. Disarankan untuk meletakkan tangga di ujung sehingga tidak mengganggu pemandangan dan menghabiskan tempat di ruang utama.

Selain itu, Anda juga bisa mendesain tangga dengan arah yang bervariasi, dan tidak harus lurus. Ini bisa Anda lakukan untuk menghemat ruang, karena tangga yang lurus relatif lebih menghabiskan banyak tempat, baik di lantai di bawah maupun di atasnya. Pilihan tangga berbentuk huruf L atau melingkar bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Artikel Terkait

99+ Desain Rumah Minimalis Sederhana dan Modern
4/ 5
Oleh